Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013

Contoh Instrumen Format Program Supervisi Kepala Sekolah Kurikulum 2013

Pendahuluan

Supervisi kepala sekolah merupakan salah satu kegiatan penting dalam memastikan pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah berjalan dengan baik. Melalui supervisi, kepala sekolah dapat memantau dan mendukung guru-guru dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Berikut ini adalah contoh program supervisi kepala sekolah kurikulum 2013 yang dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tugas tersebut.

Tujuan

Tujuan dari program supervisi kepala sekolah kurikulum 2013 adalah:

1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Program supervisi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah melakukan observasi langsung terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru. Dengan melakukan supervisi, kepala sekolah dapat memberikan umpan balik yang konstruktif kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

2. Memastikan Implementasi Kurikulum 2013

Kepala sekolah juga bertanggung jawab memastikan bahwa kurikulum 2013 diimplementasikan dengan baik di sekolah. Melalui program supervisi, kepala sekolah dapat memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum tersebut. Jika ditemukan kendala atau hambatan, kepala sekolah dapat memberikan solusi atau dukungan yang diperlukan.

Langkah-langkah Program Supervisi

Berikut ini adalah contoh langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam program supervisi kepala sekolah kurikulum 2013:

1. Penjadwalan Supervisi

Kepala sekolah perlu melakukan penjadwalan supervisi secara teratur. Penjadwalan ini dilakukan dengan memperhatikan jadwal pembelajaran guru-guru di sekolah. Dalam penjadwalan, kepala sekolah juga dapat memprioritaskan mata pelajaran atau tingkat kelas tertentu yang membutuhkan perhatian khusus.

2. Observasi dan Pengamatan

Kepala sekolah melakukan observasi langsung terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Observasi ini dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek, seperti perencanaan pembelajaran, penggunaan media dan sumber belajar, interaksi antara guru dan siswa, serta penilaian hasil belajar siswa.

3. Diskusi dan Pembahasan

Setelah melakukan observasi, kepala sekolah dapat melakukan diskusi dan pembahasan dengan guru terkait temuan dan hasil observasi. Diskusi ini bertujuan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada guru. Selain itu, kepala sekolah juga dapat memberikan saran atau rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

4. Monitoring dan Evaluasi

Setelah melakukan program supervisi, kepala sekolah perlu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap perbaikan yang dilakukan oleh guru. Monitoring dan evaluasi ini dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa perbaikan yang dilakukan berdampak positif terhadap pembelajaran di sekolah.

Kesimpulan

Program supervisi kepala sekolah kurikulum 2013 merupakan langkah penting dalam memastikan pelaksanaan kurikulum di sekolah berjalan dengan baik. Melalui program supervisi, kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan implementasi kurikulum 2013. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, diharapkan program supervisi ini dapat memberikan manfaat yang optimal bagi guru dan siswa di sekolah.