Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar IPAS Kelas IV Topik Aku dan Kebutuhanku

 

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

IPAS (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL) KELAS 4

 

INFORMASI UMUM

A. Identitas Modul

Penyusun                           : 

Instansi                              : SD Negeri Balirejo

Tahun Penyusunan              2023

Jenjang Sekolah                : SD

Mata Pelajaran                  : IPAS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Fase/Kelas                         : B/4

Semester                              II

BAB 7

Topik                                 : Aku dan Kebutuhanku

Alokasi Waktu                  : 2 x 35 menit

B. Kompetensi Awal

1.      Mengenal kebutuhan sehari - hari

C. Profil Pengajar Pancasila

1)      Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,

2)      Bergotong-royong,

3)      Mandiri, dan

4)      Bernalar kritis.

D. Sarana dan Prasarana

Sumber Belajar                   : Buku Siswa IPAS  Kelas IV ,

Media Pembelajaran          : PowerPoint, Video Pembelajaran


E. Target Peserta Didik

Peserta didik regular

F.  Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran

Pendekatan          : Saintifik

Model                  :Problem Based Learning

Metode                : Diskusi, Penugasan

 

KOMPETENSI INTI

A.     Capaian Pembelajaran

Peserta didik dapat menentukan, mengkategorikan kebutuhan sehari – hari berdasarkan skala prioritas dari yang terpenting sampai yang tidak penting dan menyimpulkan perbedaan kebutuhan dan keinginan.

B. Tujuan Pembelajaran

1.       Peserta didik dapat menentukan jenis kebutuhan berdasarkan kepentingan melalui lembar penugasan LKPD dengan tepat. C3

2.       Peserta didik dapat mengkategorikan kebutuhan hidup melalui lembar penugasan LKPD dengan tepat. C4

3.       Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan melalui media power point dengan tepat. C5

C. Pemahaman Bermakna

Meningkatkan pemahaman siswa tentang kebutuhan sehari – hari agar siswa bisa lebih bijak dalam mengkategorikan kebutuhannya sehari – hari berdasarkan prioritasnya dan mengelompokkan kebutuhan sehari – harinya berdasarkan jenis kebutuhan primer, sekunder ataupun tersier.

D. Pertanyaan Pemantik

1.       Apa saja kebutuhan manusia?

2.       Mengapa manusia memiliki kebutuhan?

3.       Apa hubungan kebutuhan dengan keinginan manusia?

 

 

 

E. Kegiatan Pembelajaran

Tahap

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi:

1.      Peserta didik menjawab salam dari guru.

2.      Peserta didik bersama guru berdoa menuru kepercayaan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran.

3.      Peserta didik memberitahukan kabarnya.

4.      Peserta didik bersama guru menyanyikan lagu Nasional “Garuda Pancasila” (Berkebinekaan                        Global)

 

Apersepsi:

5.      Peserta didik mengikuti instruksi guru            

        guru berkata, ambil benda yang kalian butuhkan untuk belajar.”

“apa fungsi dari benda yang kalian pegang?”

6.      Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai tujuan                               pembelajaran.

 

10 menit

Inti

Orientasi Siswa Pada Masalah

7.      Peserta didik menyimak tayangan materi power point tentang kebutuhan manusia (Menyimak)

8.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru mengenai materi yang sedang ditayangkan

9.      Peserta didik menonton video pembelajaran tentang “kebutuahan manusia”

10.  Peserta didik melakukan tanya jawab mengenai materi yang telah dijelaskan (menanya)

Mengorganisasi Siswa Untuk Belajar

11.  Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok belajar terdiri 4-5 orang

12.  Peserta didik menerima LKPD untuk mengisi skala kebutuhan prioritas dan kartu kebutuhan manusia

Membimbing Penyelidikan Individual Ataupun Kelompok

13.  Guru menyampaikan langkah-langkah mengisi LKPD

14.  Peserta didik mengisi LKPD sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan oleh guru. (Gotong Royong) (Mencoba)

15.  Guru berkeliling memantau dan memberikan arahan kepada kelompok yang membutuhkan bantuan atau menjawab pertanyaan

 

Mengembangkan dan Mneyajikan Hasil

16.  Peserta didik menuliskan hasil diskusi ke dalam lembar LKPD (Menalar) (Bernalar kritis)

17.  Peserta didik secara berkelompok bergantian melakukan presentasi di depan kelas. (Mempresentasikan)

 

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

18.  Peserta didik menyampaikan kendala atau masalah dalam melakukan                                 diskusi.

19.  Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil dari LKPD yang telah dikerjakan

20.  Peserta didik dan guru melakukan kegiatan refleksi

 

50 Menit

Penutup

21.  Peserta didik menerima apresiasi dari Guru

22.  Peserta didik mengerjakan tes evaluasi                      yang diberika guru (mandiri)

23.  Peserta didik bersama guru menyimpulkan isi materi pada hari ini

24.  Peserta didik mendengarkan rencana tindak lanjut dari guru yaitu membaca                                 materi topik berikutnya.

25.  Berdoa sebelum mengakhiri pembelajaran (beriman dan bertqwa)

10    menit

Refleksi

1.       Bagaimana perasaanmu mengikuti pembelajaran pada pagi hari ini?

2.       Apakah ada yang belum kamu pahami terkait materi hari ini?

 

Pengayaan

Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata dapat membaca materi selanjutnya tentang sistem barter

Remidial

Diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi nilai minimum, dapat mengerjakan ulang soal evaluasi

 

 

G.    Daftar Pustaka

·         Buku Siswa IPAS Kelas  IV https://drive.google.com/file/d/16rxoSQLaHTD7J4HRYnHdtjQMMJmBWM3j/view?usp=share_link

·         Power Point tentang Materi “Kebutuhan Manusia”

·         Video Pembelajaran Kebutuhan Manusia https://www.youtube.com/watch?v=TCN3pvltpY4

·         Lagu Garuda Pancasila https://www.youtube.com/watch?v=LQFNHLzXjSM

 

 

 

                          Mengetahui,                                                       Yogyakarta,   April 2023

Kepala Sekolah

Parktikan


 

Wahyu Hastini, S.Pd

 

 

 


NIP 196812151995062002


Penilaian Sikap

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Balirejo                 

Mata Pelajaran            : IPAS

Fase/Kelas                   : B/4 (Empat)

Semester                      : 2 (Dua)

Bentuk Penilaian         : Non-Tes

 

Aspek Pengamatan

Kriteria

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

1.    Berdoa     sebelum      memulai      kegiatan pembelajaran

2.    Berdoa setelah kegiatan pembelajaran

3.    Berdoa dengan sikap baik

Bergotong-royong

1.    Mampu bekerja sama dengan temannya

2.    Membantu temannya yang kesulitan

3.    Berdiskusi      bersama       teman      untuk memcahkan suatu masalah

Mandiri

1.      Ketidak tergantungan terhadap orang lain

2.      Dapat menyampaikan pendapat dengan inisiatif sendiri

3.      Dapat mengelola waktu yang diberikan

Bernalar Kritis

1.    Bertanya     kepada     teman/guru     ketika menjumpai masalah

2.    Memberikan ide-ide untuk disikusikan

3.    Menanggapi    pendapat    teman    dengan santun dan logis


Lembar Observasi Penilaian Sikap

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Jetis 2           Mata Pelajaran                      : IPAS              Fase/Kelas    : B/IV (Empat)

Penilaian Sikap           : Observasi, Skor Kriteria diisi dengan checklist


No.

Nama

Aspek 1 (Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak

Mulia)

Aspek 2 (Bergoton g Royong)

Aspek 3 (Mandiri)

Aspek 4 (Bernalar Kritis)

Skor

Predikat

3

2

1

3

2

1

3

2

1

3

2

1

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Penskoran :

3 = Selalu : Apabila selalu melakukan sesuai dengan pernyataan

2 = Kadang-kadang : Apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = Tidak Pernah : Apabila tidak pernah melakukan

Pedoman Penilaian :

Nilai = 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝑎𝑛 x 100

𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙


Penilaian Pengetahuan

 

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Jetis 2         Mata Pelajaran                      : IPAS           Fase/Kelas       : B/4 (Empat)

Bentuk Penilaian           : Tes

Kisi-kisi

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Indikator

Bentuk

No Soal

Peserta didik dapat menentukan, mengkategorikan kebutuhan sehari – hari berdasarkan skala prioritas dari yang terpenting sampai yang tidak penting dan menyimpulkan perbedaan kebutuhan dan keinginan.

Peserta didik dapat menentukan jenis kebutuhan berdasarkan kepentingan

Menentukan barang berdasarkan kebutuhan

Pilihan Ganda

3

Menentukan pengertian kebutuhan mendesak

Pilihan Ganda

4

Peserta didik dapat mengkategorikan kebutuhan hidup

 

Menentukan kebutuhan primer

Pilihan Ganda

2

Mengkategorikan barang yang termasuk kebutuhan primer

Pilihan Ganda

5

Menyebutkan kebutuhan hidup sehari - hari

Uraian

1

Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan

Menentukkan pengertian kebutuhan

Pilihan Ganda

1

Menyimpulkan alaasan pengelompokkan kebutuhan sehai - hari

Uraian

2

 

Kunci Jawaban

        Pilihan ganda

1.       A                    

2.       D                    

3.       C                    

4.       B                    

5. C                    

         Uraian

1.      Bervariasi, missal buku, tas, seragam

2.      Tentukan urutan prioritasnya. Penuhi atau laksanakan sesuai dengan urutan prioritasnya.

Rubrik Penilaian

 

 Teknik Penskoran

Nilai                   = Pilihan Ganda + Uraian

= (5x2) + (5x2)

= 20 x 5

= 100


Penilaian Keterampilan

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Balirejo Mata Pelajaran                      : IPAS         Fase/Kelas         : B/IV (Empat)

Bentuk Penilaian         : Non tes

 

Kriteria Penilaian

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Perbaikan (1)

Aktif berdikusi dalam kelompok mengisi lembar LKPD menentukan jenis kebutuhan berdasarkan kepentingan

Aktif memberikan ide dan penyelesaian serta bertanya kepada guru saat berdiskusi

Ikut terlibat dalam penyelesaian masalah kelompok namun kurang katif dalam bertanya

Masih jarang terlibat dalam diskusi kelompok namun sesekali ikut terlibat

Kurang terlibat dalam penyelesaian diskusi kelompok

Penyelesaian Masalah             dan Kemandirian

Aktif mencari ide atau mencari solusi jika ada hambatan.

Bisa mencari solusi namun dengan arahan sesekali.

Memerlukan bantuan setiap menemukan kesulitan namun ada inisiatif

bertanya.

Pasif jika menemukan kesulitan


Lembar Penilaian Keterampilan

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Balirejo          Mata Pelajaran    : IPAS               Fase/Kelas                   : B/IV (Empat)

Penilaian Sikap           : Skor Kriteria diisi dengan angka

No

Nama Peserta Didik

Kriteria

Skor

1.

 

Aktif berdikusi dalam kelompok mengisi lembar LKPD menentukan jenis kebutuhan berdasarkan kepentingan

Penyelesaian Masalah dan Kemandirian

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

Pedoman Penilaian :

Nilai = 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝑎𝑛 x 100

𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙


 

 

EVALUASI

Nama               :                                                   

Kelas               :                                                   

No. Presensi   :                                                   

 

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang kamu anggap paling benar !

1.      Segala sesuatu yang harus dimiliki atau diperlukan oleh seseorang untuk bertahan hidup dan memiliki kehidupan yang layak disebut ….

a. Kebutuhan

b. Keinginan

c. Kemampuan

d. Kelangsungan

2.      Yang bukan merupakan kebutuhan primer adalah ….

a. Pangan

b. Papan

c. Sandang

d. Kendaraan

3.      Liburan, mobil mewah, dan villa merupakan contoh kebutuhan….

a. Primer

b. Sekunder

c. Tersier

d. Sekarang

4.      Kebutuhan mendesak adalah ….

a. Kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan tidak dapat ditunda

b. Kebutuhan yang tiba-tiba muncul dan bersifat sangat kritis, sehingga dapat mengancam jiwa jika tidak terpenuhi

c. Kebutuhan yang dapat dipenuhi di kemudian hari dan dapat ditunda

d. Kebutuhan mutlak dan utama dari setiap individu

5. Perhatikan data berikut:

1.      Handphone

2.      Buku

3.      Tas

4.      Mainan

5.      Seragam

6.      Uang saku

7.      Sepeda

8.      Sepatu

Dari data di atas, yang termasuk kebutuhan primer bagi peserta didik adalah ….

a. 1, 2, 3, 4

b. 2, 3, 5, 7

c. 2, 3, 5, 8

d. 3, 4, 6, 7

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1.      Apa kebutuhanmu sehari – hari? Sebutkan minimal 3

Jawab:………………………………………………………………

2.      Menurutmu bagaimana caranya menentukan urutan kebutuhan masing-masing?

Jawab:……………………