Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas IV Topik 6

 

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

BAHASA INDONESIA KELAS 4

 

INFORMASI UMUM

A. Identitas Modul

Penyusun                           :

Instansi                              : SD Negeri Balirejo

Tahun Penyusunan              2023

Jenjang Sekolah                : SD

Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia

Fase/Kelas                         : B/4

Elemen                              : Membaca dan Menyimak

Semester                              II

BAB 6

Topik                                 : Memahami Isi Teks

Alokasi Waktu                  : 2 x 35 menit

B. Kompetensi Awal

1.      Memhami isi suatu teks

2.      Menemukan kosa kata dalam teks

C. Profil Pengajar Pancasila

1)      Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,

2)      Bergotong-royong,

3)      Mandiri, dan

4)      Bernalar kritis.

D. Sarana dan Prasarana

Sumber Belajar                   : Buku ESPS Bahasa Indonesia Kelas IV Volume 2 ,

Media Pembelajaran          : PowerPoint, Video Dongeng, Teks Cerita


E. Target Peserta Didik

Peserta didik regular berjumlah 18 siswa

F.  Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran

Pendekatan          : Saintifik

Model                  :Problem Based Learning

Metode                : Diskusi, Penugasan

 

KOMPETENSI INTI

A.     Capaian Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan perasaan dan sifat tokoh, latar cerita, kejadian kejadian berdasarkan informasi dalam teks serta menyimpulkan arti suatu kosa kata yang terkandung dalam teks.

B. Tujuan Pembelajaran

1.       Peserta didik dapat menentukan perasaan sutu tokoh dalam teks melaui media power point dengan tepat. C3

2.       Peserta didik dapat menyimpulkan arti suatu kosa kata yang ditemu dalam teks  melalui lembar penugasan LKPD dengan tepat. C5

C. Pemahaman Bermakna

Meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan perasaan suatu tokoh, kejadian, atau informasi yang terdapat dalam suatu teks atau cerita serta dapat menartikan suatu kosa kata yang ditemui dalam teks atau cerita.

D. Pertanyaan Pemantik

1.       Apakah kamu pernah melihat gunung merapi?

2.       Mengapa gunung merapi sering mengeluarkan abu vulkanik?

E. Kegiatan Pembelajaran

Tahap

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi:

1.      Peserta didik menjawab salam dari guru.

2.      Peserta didik bersama guru berdoa menuru kepercayaan masing-masing untuk mengawali kegiatan pembelajaran.

3.      Peserta didik memberitahukan kabarnya.

4.      Peserta didik bersama guru menyanyikan lagu Nasional “Garuda Pancasila” (Berkebinekaan                        Global)

 

Apersepsi:

5.      Peserta didik menjawab pertanyaan “Apakah kamu tahu gunung Merapi letaknya di mana?

6.      Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru mengenai tujuan                               pembelajaran.

 

10 menit

Inti

Orientasi Siswa Pada Masalah

7.      Peserta didik membaca teks berjudul “Anak – Anak Merapi” melalui media LCD di depan kelas

8.      Peserta didik bersama guru melakukan                      tanya jawab mengenai teks yang sudah dibaca. (Menanya)

9.      Siswa dan guru bersama menyimpulkan perasan tokoh yang dialami pada teks “Anak – Anak Merapi”

Mengorganisasi Siswa Untuk Belajar

10.  Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok belajar terdiri 4-5 orang

11.  Peserta didik menerima LKPD mengisi sebuah TTS tentang kosa kata yang ada pada teks yang sudah dibaca

 

Membimbing Penyelidikan Individual Ataupun Kelompok

12.  Guru menyampaikan langkah-langkah mengisi LKPD

13.  Peserta didik mengisi LKPD sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan oleh guru. (Gotong Royong) (Mencoba)

14.  Guru berkeliling memantau dan memberikan arahan kepada kelompok yang membutuhkan bantuan atau menjawab pertanyaan

 

Mengembangkan dan Mneyajikan Hasil

15.  Peserta didik menuliskan hasil diskusi ke dalam lembar LKPD (Menalar) (Bernalar kritis)

16.  Peserta didik secara berkelompok bergantian melakukan presentasi di depan kelas. (Mempresentasikan)

 

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

17.  Peserta didik menyampaikan kendala atau masalah dalam melakukan                                 diskusi.

18.  Peserta didik dan guru menyimpulkan hasil dari LKPD yang telah dikerjakan

19.  Peserta didik dan guru melakukan kegiatan refleksi

 

50 Menit

Penutup

20.  Peserta didik menerima apresiasi dari Guru

21.  Peserta didik mengerjakan tes evaluasi                      yang diberika guru (mandiri)

22.  Peserta didik bersama guru menyimpulkan isi materi pada hari ini

23.  Peserta didik mendengarkan rencana tindak lanjut dari guru yaitu membaca                                 materi topik berikutnya.

24.  Berdoa sebelum mengakhiri pembelajaran (beriman dan bertqwa)

10    menit

Refleksi

1.       Bagaimana perasaanmu mengikuti pembelajaran pada pagi hari ini?

2.       Apakah ada yang belum kamu pahami terkait materi hari ini?

 

Pengayaan

Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata dapat membaca materi selanjutnya tentang majas metafora

Remidial

Diberikan kepada peserta didik yang belum memenuhi nilai minimum, dapat mengerjakan ulang soal evaluasi

 

 

G.    Daftar Pustaka

·         Buku ESPS Bahasa Indonesia Kelas IV Volume 2 https://drive.google.com/file/d/16rxoSQLaHTD7J4HRYnHdtjQMMJmBWM3j/view?usp=share_link

·         Teks Berjudul “Anak – Anak Merapi”  Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas IV

·         Video Animasi Gunung Merapi https://youtube.com/watch?v=UcbENUL6G9o

·         Lagu Garuda Pancasila https://www.youtube.com/watch?v=LQFNHLzXjSM

 

 

 

                          Mengetahui,                                    Yogyakarta, Maret 2023

Kepala Sekolah

Parktikan

 

 

 

Wahyu Hastini, S.Pd

 

 

 


NIP 196812151995062002



Penilaian Sikap

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Balirejo                 

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Fase/Kelas                   : B/4 (Empat)

Semester                      : 2 (Dua)

Bentuk Penilaian         : Non-Tes

Aspek Pengamatan

Kriteria

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia

1.    Berdoa     sebelum      memulai      kegiatan pembelajaran

2.    Berdoa setelah kegiatan pembelajaran

3.    Berdoa dengan sikap baik

Bergotong-royong

1.    Mampu bekerja sama dengan temannya

2.    Membantu temannya yang kesulitan

3.    Berdiskusi      bersama       teman      untuk memcahkan suatu masalah

Mandiri

1.      Ketidak tergantungan terhadap orang lain

2.      Dapat menyampaikan pendapat dengan inisiatif sendiri

3.      Dapat mengelola waktu yang diberikan

Bernalar Kritis

1.    Bertanya     kepada     teman/guru     ketika menjumpai masalah

2.    Memberikan ide-ide untuk disikusikan

3.    Menanggapi    pendapat    teman    dengan santun dan logis



Lembar Observasi Penilaian Sikap

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Jetis 2           Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia Fase/Kelas                                    : B/IV (Empat)

Penilaian Sikap           : Observasi, Skor Kriteria diisi dengan checklist

No.

Nama

Aspek 1 (Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak

Mulia)

Aspek 2 (Bergoton g Royong)

Aspek 3 (Mandiri)

Aspek 4 (Bernalar Kritis)

Skor

Predikat

3

2

1

3

2

1

3

2

1

3

2

1

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pedoman Penskoran :

3 = Selalu : Apabila selalu melakukan sesuai dengan pernyataan

2 = Kadang-kadang : Apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = Tidak Pernah : Apabila tidak pernah melakukan

Pedoman Penilaian :

Nilai = 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝑎𝑛 x 100

𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙



Penilaian Pengetahuan

 

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Jetis 2         Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia Fase/Kelas                                    : B/4 (Empat)

Bentuk Penilaian           : Tes

Kisi-kisi

 

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Indikator

Bentuk

No Soal

Peserta didik dapat menjelaskan perasaan dan sifat tokoh, latar cerita, kejadian kejadian berdasarkan informasi dalam teks serta menyimpulkan arti suatu kosa kata yang terkandung dalam teks.

 

Peserta didik dapat menentukan perasaan sutu tokoh dalam teks melaui media power point dengan tepat.

Menentukan latar waktu pada penggalan teks cerita

Pilihan Ganda

1

Menentukan perasaan yang dialami tokoh pada penggalan teks cerita

Pilihan Ganda

2

Peserta didik dapat menyimpulkan arti suatu kosa kata yang ditemu dalam teks  melalui lembar penugasan LKPD dengan tepat.

Menyimpulkan arti kosa kata baru yang terdapat pada teks cerita

Pilihan Ganda

3

Menyimpulkan arti kosa kata baru yang terdapat pada teks cerita

Pilihan Ganda

4

Menyimpulkan arti kosa kata baru yang terdapat pada teks cerita

Pilihan Ganda

5

 

Kunci Jawaban

 

1.       A                    

2.       D                    

3.       A                    

4.       B                    

5. C                    

 

Rubrik Penilaian

 

Nilai = 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝑎𝑛 x 100

𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙


Penilaian Keterampilan

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Balirejo Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia Fase/Kelas                                    : B/IV (Empat)

Bentuk Penilaian         : Non tes

 

Kriteria Penilaian

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Perbaikan (1)

Menjelaskan Perasaan Tokoh dan Memahami Kejadian dalam Cerita

Mampu Menjawab Semua Pertanyaan dan Menjelaskan Perasaan Tokoh serta Kejadian dalam Cerita dengan Lengkap

Mampu Menjawab Semua Pertanyaan dan Memberikan Penjelasan Singkat

Mampu Menjawab Semua Pertanyaan tanpa Memberikan Penjelasan

Mampu Menjawab Semua Pertanyaan dengan Diberi Panduan

 Menyimpulkan arti kosa kata dalam teks yang ditemukan dengan benar

Menjawab benar arti kosa kata dalam TTS lebih dari atau sama dengan 9

Menjawab benar arti kosa kata dalam TTS lebih dari atau sama dengan 8

Menjawab benar arti kosa kata dalam TTS lebih dari atau sama dengan 7

Menjawab benar arti kosa kata dalam TTS kurang dari atau sama dengan 6

Penyelesaian Masalah             dan Kemandirian

Aktif mencari ide atau mencari solusi jika ada hambatan.

Bisa mencari solusi namun dengan arahan sesekali.

Memerlukan bantuan setiap menemukan kesulitan namun ada inisiatif

bertanya.

Pasif jika menemukan kesulitan


Lembar Penilaian Keterampilan

Satuan Pendidikan      : SD Negeri Jetis 2          Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia Fase/Kelas  : B/IV (Empat)

Penilaian Sikap           : Skor Kriteria diisi dengan angka

 

 

 

No.

Nama Peserta Didik

Kriteria

Jumlah Skor

Menjelaskan Perasaan Tokoh dan Memahami Kejadian dalam Cerita

Menyimpulkan Arti Kosa Kata

Penyelesaian

Masalah dan Kemandirian

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

Pedoman Penilaian :

Nilai = 𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑝𝑒𝑟𝑜𝑙𝑒ℎ𝑎𝑛 x 100

𝑆𝑘𝑜𝑟 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑖𝑚𝑎𝑙


 

 

EVALUASI

Nama               :                                                   

Kelas               :                                                   

No. Presensi   :                                                   

 

Bacalah penggalan teks berikut ini

Anak-Anak Merapi

          Langit masih semburat merah. Hawa dingin masih menggigit tulang. Yono, Panji, dan Ratna berjalan beriringan menuju sekolah. Mereka berangkat lebih pagi untuk tugas piket.  “Semoga Merapinya baik-baik saja,” gumam Panji.

          Anak-anak ini tinggal di lereng Gunung Merapi. Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang se-Indonesia. Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya. Seluruh penduduk desa harus mengungsi sampai kondisi membaik kembali. Wajar jika Panji memiliki harapan seperti itu.

1.      Latar waktu kejadian pada penggalan cerita teks di atas adalah ...

a.       Pagi hari

b.      Siang hari

c.       Sore hari

d.      Malam hari

2.      Perasaan yang dialami tokoh Panji menurut penggalan cerita teks di atas ..

a.       Berani

b.      Malu

c.       Cemas

d.      Gelisah

3.      Kelompok atau regu yang melakukan tugas jaga siang atau malam hari merupakan arti dari…

a.       Piket

b.      Lahar

c.       Tugas

d.      Lereng

4.      Lereng mempunyai arti ....

a.       Lumpur batu yang keluar dari kawah gunung berapi

b.      Sisi (bidang, tanah) yang landai atau miring

c.       Memiliki sifat gunung berapi (vulkan)

d.      Orang yang bertualang, menjelajah

5.      Arti kata mengungsi adalah…

a.       Memiliki sifat gunung berapi (vulkan)

b.      Orang yang bertualang, menjelajah

c.       Pergi menghindarkan (menyingkirkan) diri dari bahaya atau menyelamatkan diri (ke tempat yang dirasa aman)

d.      Kelompok atau regu yang melakukan tugas jaga siang atau malam har