Koneksi Antar Materi - Panduan Observasi Perkembangan Peserta Didik
Buatlah panduan observasi yang akan membantu Anda agar lebih memahami peserta didik Anda di dalam kelas pada saat PPL nantinya dengan memperhatikan isu-isu perkembangan pada peserta didik, antara lain:
- Perkembangan fisiologis peserta didik
- Perkembangan psikologis: kognitif, emosi, psikososial, moral
- Motivasi belajar
LEMBAR PANDUAN OBSERVASI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Nama Mahasiswa PPG | : |
Kelas Sasaran Observasi | : 4 |
Untuk Siklus Pembelajaran | ( ) Terbimbing ( ) Mandiri, siklus ke ………. |
*Aspek sesuai dengan kebutuhan
Tgl. | Aspek yang diobservasi* | Hasil observasi |
| Budaya sekolah ● Apakah suasana sekolah mendukung pembelajaran dan interaksi yang optimal? ● Secara umum, apakah profil pelajar Pancasila dihidupkan dalam sekolah? ● Apakah lingkungan belajar di sekolah kondusif? ● Apakah ada kegiatan pembiasaan setiap pagi di sekolah? ● Apakah ada program yang sudah terlaksana terkait dengan lingkungan sekolah? | Hasil observasi: |
Interpretasi: | ||
| Budaya kelas ● Bagaimana guru dan peserta didik melakukan kesepakatan kelas? ● Apakah lingkungan kelas bersih? ● Apakah ada pembiasaan literasi 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran? ● Bagaimana guru menekankan nilai-nilai profil pelajar Pancasila kepada peserta didik? | Hasil observasi: |
Interpretasi: | ||
| Keterlibatan peserta didik ● Apakah peserta didik terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung? Dalam bentuk apa saja keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran ini? ● Jika iya, bagaimana guru memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam pembelajaran? ● Jika tidak, mengapa peserta didik tidak termotivasi dalam pembelajaran? ● Apakah Anda menangkap antusiasme belajar dari para peserta didik? ● Apakah peserta didik aktif merespon pertanyaan guru selama pembelajaran berlangsung? Jelaskan. ● Apakah siswa mampu menjawab pertanyaan dari guru dengan teng. | Hasil observasi: |
Interpretasi: | ||
| Identifikasi kesiapan siswa ● Apakah di awal pembelajaran guru mengamati atau mengecek kesiapan peserta didik? Baik secara kondisi maupun secara materi yang akan diajarkan ● Apa yang dilakukan oleh guru saat mengetahui bahwa kompetensi awal peserta didik beragam? ● Bagaimana guru mendampingi setiap peserta didik agar mencapai tujuan pembelajaran? | Hasil observasi: |
Interpretasi: | ||
| Perkembangan emosi ● Apakah setiap peserta didik menjalin hubungan baik dengan temannya? ● Sejauh mana kelas dan ruang pembelajaran lainnya menjadi ruang ekspresi diri yang sehat untuk peserta didik? ● Bagaimana guru merespons peserta didik yang belum bisa mengekspresikan diri dengan tepat? | Hasil observasi: |
Interpretasi: | ||
| Perkembangan sosial ● Secara umum, bagaimana guru membangun atmosfer yang mendukung peserta didik untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi? misalnya peka terhadap situasi sekitar, berempati, saling menghargai, serta berinteraksi dan berkomunikasi? ● Bagaimana guru memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan keterampilan sosial peserta didik dalam kegiatan belajar (contoh, kerja kelompok, mengerjakan proyek bersama)? | Hasil observasi: |
Interpretasi: | ||
| Perkembangan moral/spiritual ● Apa saja yang dilakukan guru dalam membangun nilai-nilai integritas dan spiritual peserta didik? | Hasil observasi: |
Interpretasi: | ||
| Perkembangan Kogtitif · Apakah nilai semua siswa sudah mencapai nilai KKM? · Bagaimana hasil belajar siswa setiap ulangan harian? | Hasil observasi: |
Interprestasi: | ||
| Perkembangan Fisiologis · Apakah perkembangan tinggi badan semua siswa memiliki rata-rata yang sama? | Hasil Observasi: |
Interpretasi |
Kesimpulan : |
|
|
|
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan | Guru Pamong |
……..…….., ……..……..……..…….. ……..……..……..……..……..…….. | ……..…….., ……..……..……..…….. ……..……..……..……..……..…….. |