Strategi Pembelajaran Yang Digunakan Oleh Guru Menurut Psikologi Lovas
Pengantar
Pada tahun 2024, strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru telah mengalami perkembangan pesat. Salah satu pendekatan yang sedang populer adalah strategi pembelajaran berdasarkan psikologi Lovas. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang strategi pembelajaran ini dan bagaimana guru dapat mengaplikasikannya di kelas.
Apa itu Psikologi Lovas?
Psikologi Lovas adalah pendekatan pembelajaran yang didasarkan pada teori-teori psikologi yang dikembangkan oleh Dr. Ivar Lovas. Teori ini telah terbukti efektif dalam membantu anak-anak dengan gangguan perkembangan, terutama autisme, dalam belajar dan berinteraksi dengan lingkungan mereka.
Strategi Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru
1. Visualisasi: Guru menggunakan gambar, video, dan alat bantu visual lainnya untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan. Hal ini membantu siswa dengan autisme yang cenderung berpikir secara visual.
2. Pengulangan: Guru menggunakan metode pengulangan secara terstruktur untuk membantu siswa memperkuat pemahaman mereka. Ini melibatkan mengulang materi pembelajaran secara berkala dan memberikan kesempatan untuk berlatih.
3. Prompting: Guru memberikan petunjuk atau bantuan dalam bentuk verbal atau visual untuk membantu siswa menyelesaikan tugas atau aktivitas. Ini membantu siswa dengan autisme yang mungkin mengalami kesulitan dalam memulai atau menyelesaikan tugas.
4. Penguatan positif: Guru memberikan penguatan positif seperti pujian atau hadiah untuk memperkuat perilaku yang diinginkan. Ini mendorong dan memotivasi siswa untuk belajar dengan lebih baik.
Penerapan Strategi Pembelajaran di Kelas
1. Pengenalan Materi: Guru memulai pembelajaran dengan memberikan pengenalan singkat tentang materi yang akan dipelajari. Ini membantu siswa mempersiapkan pikiran mereka untuk menerima informasi baru.
2. Demonstrasi: Guru menggunakan demonstrasi atau contoh konkret untuk mengilustrasikan konsep yang diajarkan. Ini membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik.
3. Latihan Terstruktur: Guru memberikan latihan-latihan terstruktur yang melibatkan pengulangan materi pembelajaran. Ini membantu siswa memperkuat pemahaman mereka dan meningkatkan keterampilan mereka.
Kesimpulan
Strategi pembelajaran berdasarkan psikologi Lovas telah terbukti efektif dalam membantu siswa dengan gangguan perkembangan, terutama autisme, dalam belajar dan berinteraksi dengan lingkungan mereka. Dengan menerapkan strategi pembelajaran ini, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan efektif bagi semua siswa.