Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Kurikulum 2013

Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase E Sma Kurikulum Merdeka

Pengenalan

Kurikulum 2013 adalah kurikulum pendidikan yang diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sebelumnya digunakan. Salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam Kurikulum 2013 adalah Bahasa Inggris.

Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris

1. Menguasai Keterampilan Berbicara

Tujuan pertama dari pembelajaran Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 adalah untuk menguasai keterampilan berbicara. Siswa diharapkan dapat mengungkapkan pikiran, gagasan, dan perasaan mereka dalam Bahasa Inggris dengan lancar dan tepat.

2. Menguasai Keterampilan Mendengarkan

Tujuan selanjutnya adalah untuk menguasai keterampilan mendengarkan. Siswa diharapkan dapat memahami percakapan, informasi, dan instruksi yang disampaikan dalam Bahasa Inggris dengan baik.

3. Menguasai Keterampilan Membaca

Selain itu, tujuan pembelajaran Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 adalah untuk menguasai keterampilan membaca. Siswa diharapkan dapat memahami teks dalam Bahasa Inggris, baik teks tulis maupun teks lisan.

4. Menguasai Keterampilan Menulis

Tujuan berikutnya adalah untuk menguasai keterampilan menulis. Siswa diharapkan dapat mengekspresikan ide dan informasi secara tertulis dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

5. Mengembangkan Pengetahuan Bahasa

Tujuan lain dari pembelajaran Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 adalah untuk mengembangkan pengetahuan bahasa. Siswa diharapkan dapat memahami struktur bahasa, kosakata, dan tata bahasa dalam Bahasa Inggris.

6. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Pembelajaran Bahasa Inggris juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Siswa diharapkan dapat menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasikan informasi yang diperoleh dalam Bahasa Inggris.

7. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Tujuan berikutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Siswa diharapkan dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dalam Bahasa Inggris.

8. Meningkatkan Kesadaran Budaya

Pembelajaran Bahasa Inggris juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran budaya. Siswa diharapkan dapat memahami dan menghargai keberagaman budaya yang ada di dunia yang berbahasa Inggris.

9. Mengembangkan Keterampilan Belajar Mandiri

Tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri. Siswa diharapkan dapat belajar Bahasa Inggris secara mandiri dan terus menerus meningkatkan kemampuan mereka dalam Bahasa Inggris.

10. Meningkatkan Kemandirian Siswa

Tujuan terakhir dari pembelajaran Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 adalah untuk meningkatkan kemandirian siswa. Siswa diharapkan dapat mengelola waktu, belajar secara mandiri, dan bertanggung jawab terhadap pembelajaran Bahasa Inggris mereka.

Verification: abec7d942cfb287d