RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan | : | SDN Tambakaji 04 |
Kelas / semester | : | V / 1 |
Tema | : | 4. Sehat Itu Penting |
Sub Tema | : | 3. Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah |
Pembelajaran | : | 2 (Bahasa Indonesia, PPKn, IPS) |
Alokasi waktu | : | 1 hari (5X35 menit) |
KOMPETENSI INTI
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru.
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Kompetensi Dasar | Indikator |
|
Bahasa Indonesia 3.6 Menggali isi dan amanat pantun yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. | 3.6.1 Menjelaskan pengertian amanat pantun (C2) |
3.6.2 Menjelaskan cara membuat pantun (C2) |
3.6.3 Menentukan amanat pantun (C3) |
4.6 Melisankan pantun hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. | 4.6.1 Membuat pantun (P) |
4.6.2 Melisankan pantun (P) |
PPKn 1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari. | 1.2.1 Mengikuti kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sekolah |
1.2.2 Berteman tanpa membedakan agama |
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. | 2.2.1 Melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya di kelas seperti piket kebersihan |
3.2 Memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. | 3.2.1 Menjelaskan pengertian, unsur, dan manfaat gotong royong (C2) |
3.2.2 Mengidentifikasi jenis tanggung jawab warga masyarakat. (C2) |
3.2.3 Menentukan perilaku tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat. (C3) |
4.2 Mengambil keputusan bersama tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. | 4.2.1 Melakukan pengamatan terhadap sikap warga sekitar dalam hal mengutamakan kepentingan umum. (P) |
4.2.2 Melengkapi mind mapping tentang jenis tanggung jawab warga masyarakat. (P) |
IPS 3.2 Menganalisis interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia. | 3.2.1 Menjelaskan latar belakang terjadinya interaksi sosial. (C2) |
3.2.2 Menentukan contoh sikap yang merupakan interaksi sosial dalam berbagai bidang. (C3) |
4.2 Menceritakan interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia. | 4.2.1 Membuat tabel tentang interaksi sosial dalam berbagai bidang yang pernah dilakukan. (P) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menjelaskan pengertian amanat pantun dengan benar. (C2)
Melalui kegiatan mendengarkan penjelasan dari guru ,siswa mampu menjelaskan cara membuat pantun dengan bena. (C2)
Melalui kegiatan mendengarkan penjelasan dari guru , siswa mampu membuat pantun dengan mandiri (P)
Melalui kegiatan menonton video pantun, siswa dapat melisankan pantun dengan percaya diri. (P)
Melalui kegiatan membaca pantun, siswa mampu menentukan amanat pantun dengan tepat. (C3)
Melalui kegiatan membaca teks, siswa mampu menjelaskan pengertian, unsur, dan manfaat gotong royong dengan tepat. (C2)
Melalui kegiatan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi jenis tanggung jawab warga masyarakat dengan benar. (C2)
Melalui kegiatan mengisi tabel, siswa mampu menentukan perilaku tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat dengan tepat. (C3)
Melalui kegiatan pengamatan, siswa mampu melakukan pengamatan terhadap sikap warga sekitar dalam hal mengutamakan kepentingan umum secara mandiri. (P)
Melalui kegiatan membaca teks, siswa mampu melengkapi mind mapping tentang jenis tanggung jawab warga masyarakat secara mandiri. (P)
Melalui kegiatan membaca teks, siswa mampu menjelaskan latar belakang terjadinya interaksi sosial dengan baik. (C2)
Melalui kegiatan membaca teks, siswa mampu menentukan contoh sikap yang merupakan interaksi sosial dalam berbagai bidang dengan baik. (C3)
Melalui kegiatan pengamatan video interaksi sosial, siswa mampu membuat tabel tentang interaksi sosial dalam berbagai bidang yang pernah dilakukan secara mandiri. (P)
MATERI PEMBELAJARAN
Muatan Pembelajaran | Materi Pokok | Materi Remedial | Materi Pengayaan | Materi Ko-kurikuler |
Bahasa Indonesia | Pengertian amanat dalam pantun Cara membuat pantun
| Mengidentifikasi amanat sebuah pantun yang dibacakan oleh guru | Membuat pantun sesuai dengan jenis yang telah ditentukan guru | Membuat klipping pantun yang ada di media cetak. |
PPKn | Hakekat gotong royong Tanggung jawab masyarakat Tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat
| Mengidentifikasi berbagai tanggung jawab masyarakat | Membuat klipping tentang kegiatan gotong royong yang ada di lingkungan, dapat diambil dari media cetak | Membuat tabel tentang tanggung jawab yang pernah dilakukan sebagai masyarakat |
IPS | Latar belakang terjadinya interaksi sosial Sikap interaksi sosial pada berbagai bidang
| Mengidentifikasi latar belakang terjadinya interaksi sosial | Membuat klipping tentang gambar kegiatan interkasi sosial yang ada di lingkungan masyarakat. | Membuat tabel tentang interaksi sosial di berbagai bidang yang pernah dilakukan |
METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN : Scientific
MODEL : Number Head Together
METODE : Tanya jawab, penugasan, ceramah, diskusi
MEDIA PEMBELAJARAN
Media
Teks pantun
Video tentang pantun
Video tentang gotong royong
Teks hakekat gotong royong
Teks tanggung jawab masyarakat
Teks tentang interaksi sosial
Video interaksi sosial
Alat Pembelajaran
LCD
Laptop
Spidol
White board
SUMBER BELAJAR
Subekti, Ari. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas V Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Sehat Itu Penting, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Halaman 145-153
Subekti, Ari. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas V Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Sehat Itu Penting, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Halaman 106-115
Permendikbud No. 20-24 tahun 2016
Panduan penilaian Kurikulum 2013 2016
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa Siswa diajak berdoa bersama-sama menurut agama dan keyakinan masing-masing (beriman) Bersama guru, siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya (Nasionalisme) Siswa saling mengecek kerapihan dengan teman sebangkunya (kebersihan) (disiplin) Siswa melakukan kegiatan membaca bersama selama 10 menit Guru mengkomunikasikan kehadiran siswa Guru melakukan apersepsi dengan bertanya (jujur)
Anak-anak, pernahkah kalian ikut orang tua untuk menghadiri acara pernikahan? Selain acara pernikahan, pada acara apa biasanya banyak orang berkumpul?
Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya Guru memberikan motivasi berupa “tepuk semangat” Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Guru menyampaikan urutan kegiatan yang akan dilakukan siswa
| 15 menit sebelum pembelajaran |
20 menit |
Inti | Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang Siswa mengamati video tentang pantun yang ditampilkan oleh guru (pembelajar) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat pantun Siswa mengerjakan LKPD 1 tentang menentukan amanat pantun yang telah disajikan oleh guru. (bertanggung jawab) Siswa mengerjakan LKPD 2 tentang membuat pantun. Perwakilan kelompok untuk maju ke depan melisankan pantun yang telah dibuatnya (percaya diri) Guru membacakan pantun tentang gotong royong. Siswa menyimak video tentang gotong royong. (pembelajar) Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian, unsure, dan manfaat gotong royong (pembelajar) Siswa melengkapi mind mapping yang telah dibuat oleh guru. (teliti) Siswa mengerjakan LKPD 3 tentang menjelaskan mind mapping yang berhubungan dengan gotong royong (percaya diri) Siswa membaca teks tentang tanggung jawabsebagai warga masyarakat. Siswa mendapatkan tugas proyek untuk mengamati perilaku warga sekitar dalam hubungannya dengan tanggung jawab melaksanakan kepentingan umum (bertanggung jawab) Siswa mengerjakan LKPD 4 tentang menentukan perilaku tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat. Guru menjelaskan bahwa gotong royong merupakan salah satu bentuk interaksi sosial. Siswa membaca teks tentang interaksi sosial (pembelajar) Siswa bertanya jawab tentang interaksi sosial Siswa mengerjakan LKPD 5 membuat tabel tentang interaksi sosial dalam berbagai bidang yang pernah dilakukan oleh siswa. (jujur) (mandiri)
| 135 menit |
|
Penutup | Siswa bersama guru membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran Guru memberikan umpan balik dan penghargaan terhadap proses dan hasil pembelajaran Siswa mengerjakan evaluasi tertulis (pembelajar) Guru memberikan tindak lanjut berupa remidial dan pengayaan Siswa bersama guru menyanyikan lagu daerah “Apuse” (nasionalisme) Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (beriman) Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam.
| 20 menit |
PENILAIAN
Teknik Penilaian
| Tes |
| Pengetahuan (Bahasa Indonesia, PPKn, IPS) |
| Nontes |
|
| Penilaian sikap |
|
| Spiritual : bersyukur, berdoa, berteman tanpa membedakan agama
|
|
| Sosial : disiplin, santun, teliti, sikap menghargai orang lain
|
|
| Penilaian Keterampilan |
|
| Bahasa Indonesia
4.6.1 Membuat pantun. (P) 4.6.2 Melisankan pantun. (P) PPKn
4.2.1 Melakukan pengamatan terhadap sikap warga sekitar dalam hal mengutamakan kepentingan umum. (P) 4.2.2 Melengkapi mind mapping tentang jenis tanggung jawab warga masyarakat. (P) IPS
4.2.1 Membuat tabel tentang interaksi sosial dalam berbagai bidang yang pernah dilakukan. (P) |
Bentuk Penilaian
Tes : Tertulis
Nontes : Unjuk kerja, proyek
Instrumen Penilaian
Tes : Pilihan ganda, Uraian
Nontes : Lembar observasi disertai rubrik
Semarang, …. Agustus 2018
Mengetahui,
Kepala SDN Tambakaji 04 Guru Kelas IV
…………………………. Sari Puspito, S.Pd