MEDIA PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | SDN Wates 01 |
Kelas / Semester | : | IV (Empat) / I (Satu) |
Mata Pelajaran | : | Matematika |
Pokok Bahasan | : | Penaksiran Hasil Operasi Hitung |
Sub Pokok Bahasan | : | Penaksiran Nilai dan Hasil Operasi Hitung Pecahan Persen |
Alokasi waktu | : | 3 x 35 menit (30 menit di PT kan ) |
MUPEL | KOMPENTENSI DASAR | INDIKATOR | TUJUAN PEMBELAJARAN | MEDIA PEMBELAJARAN |
Matematika | Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
| Mengidentifikasi cara menentukan taksiran hasil operasi hitung pecahan persen. Menentukan taksiran dari operasi hitung pecahan persen dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
| Melalui peraga acuan persen, siswa dapat mengidentifikasi cara menentukan taksiran hasil operasi hitung pecahan persen dengan tepat. Melalui peraga acuan persen, siswa dapat menentukan taksiran dari operasi hitung pecahan persen dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
| Garis Bilangan Persen Acuan Kelipatan 10% dan 5% Kartu bilangan persen acuan kelipatan 10% dan 5% Lagu pembelajaran tentang Penaksiran Persen Power Point latihan soal tentang soal cerita yang berhubungan dengan penaksiran persen.
|
Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
| Menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen. Menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen
| Melalui peraga acuan persen, siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen dengan tepat. Melalui peraga acuan persen, siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan taksiran hasil pengoperasian pecahan persen dengan tepat.
|
|
Garis Bilangan Persen Acuan Kelipatan 10%

Kartu bilangan
Lagu Pembelajaran tentang Penaksiran Persen.
(Nada lagu: Balonku)
Mari kita semua
Belajar penaksiran
Jenis taksiran apa
Jenis taksiran persen
Penaksiran artinya
Kita mengira-ira
Bagaimana caranya
Kita mengira-ira
Dengan persen acuan
Maupun pembulatan
Lihatlah satuannya
Sebagai penentunya
Jika kurang dari angka....LIMA
Angka depannya tetap
Jika lima atau lebih
Maka kita bulatkan
Tambahkan angka satu
Bilangan satuannya
Itulah pembulatan
Yang harus dilakukan