Download Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem Semester 1 dengan judul subtema"Keseimbangan Ekosistem". Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. Untuk memahami materi Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem Semester 1.


Berikut Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem :

1. Semua makhluk hidup memerlukan makhluk hidup lain untuk mempertahankan hidup. Makanan dan sumber energi lain menjadi salah satu faktor penting terjadinya saling kebergantungan antarmakhluk hidup. 
Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem

2. Kumpulan dari berberapa rantai makanan di dalam sebuah ekosistem disebut dengan jaring-jaring makanan 
Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem
3. Di dalam jaring-jaring makanan, jumlah hewan yang terlibat makin banyak dan energi yang mengalir juga makin kompleks.

4. Setiap komponen yang ada dalam jaring-jaring makanan saling memengaruhi satu dengan yang lain.

5. Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan akan mengubah bagian yang lain. Pada musim hujan, ketika tumbuhan tumbuh subur, tanaman padi pun tumbuh subur 

6. Meningkatnya jumlah tanaman padi pada ekosistem sawah akan meningkatkan jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi, misalnya tikus sawah. 

7. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan jumlah salah satu hewan pemangsanya, yaitu ular sawah.

8. Ular sawah adalah mangsa dari hewan yang lain, misal burung elang. Oleh karena itu, jumlah populasi burung elang pada ekosistem sawah tersebut akan meningkat dan demikian seterusnya.

9. Setiap perubahan yang terjadi akan memengaruhi komponen lain yang ada dalam jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem.

10. Pernahkah kamu melihat Tari Merak? Ya, tari ini memang menceritakan tentang gerak-gerik dan perilaku burung merak jantan yang memainkan bulunya untuk memikat merak betina. 

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem
 

11. Pakaian penari memiliki motif seperti bulu merak, kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan warna bulu merak yang berwarna hijau biru atau hijau hitam .

12. Kain yang dipasang di tangan menggambarkan sepasang sayap merak yang indah. 

13. Demikian juga dengan mahkota yang dipakai para penari makin memperindah tarian ini. 

14. Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua.

15. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. 

16. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik. 

Rangkuman Tematik Kelas 5 Tema 5 Subtema 3 Ekosistem
 
  
17. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya. 

18. Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. 

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Para Ahli

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang atau Anti Sosial