Rumus Fungsi Exact di Excel dan Kegunaannya

Fungsi exact merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk membandingkan dua string teks untuk mengetahui kesamaan atau tidaknya teks itu

Fungsi ini akan mengembalikan nilai TRUE jika kedua teks yang dibandingkan sama persis atau identik dan akan mengembalikan nilai FALSE jika kedua teks yang dibandingkan tidak identik.

Sintaks Fungsi EXACT di Excel

EXACT(text1, text2)

  • text1 merupakan strings teks pertama yang akan dibandingkan
  • text2 merupakan string teks kedua sebagai pembanding

Kegunaan Fungsi EXACT


Seperti pada penjelasan tentang fungsi exact untuk membandingkan strings teks, maka kegunaan dari fungsi exact ini adalah untuk membanding suatu teks dengan teks lainnya.

Contoh pada gambar fungsi exact 1 dibawah ini adalah melakukan vlookup pada tabel kedua (tabel yang dibawah) terhadap tabel pertama (tabel yang diatas).

Untuk item1 (berwarna kuning) ternyata terjadi kesalahan (nilainya tidak terdapat pada waktu dilakukan vlookup padahal sama-sama Item 1).

Rumus Fungsi Exact di Excel dan Kegunaannya
Fungsi Exact 1

Kenapa bisa terjadi kesalahan padahal sama-sama Item 1, sedangkan pada item 2 dan Item 3 dengan rumus formula yang sama tidak terjadi kesalahan?

Mungkin ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seperti ini, salah satunya adalah Item 1 pada tabel pertama dengan Item 1 pada tabel kedua tidak identik (mungkin ada spasi lebih pada salah satu item tersebut).

Untuk mencari tau apakah item 1 pada tabel pertama dengan item 1 pada tabel kedua ini identik maka rumus fungsi exact ini bisa digunakan.

Cara Penggunaan Fungsi EXACT


Untuk menggunakan fungsi exact di excel ini sangat mudah, sobat bisa menggunakan insert function atau dengan mengetikkan rumus formulanya secara langsung.

Apabila menggunakan insert function maka dari sel C2 (misalkan hasil perbandingan akan ditampilkan pada sel C2) pada function argument pilihan text 1 diisikan dengan teks pertama yang akan dibandingkan (sel A2 pada contoh gambar fungsi text 2) sedangkan text 2 diisikan dengan teks pembanding (sel A7 pada contoh gambar fungsi exact 2).

Fungsi Exact di Excel
Fungsi Exact 2

Dengan contoh yang sama dengan diatas dengan menggunakan rumus formula pada sel C2 bisa diketik rumusnya =EXACT(A2,A7) dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar fungsi exact 3 dibawah ini :

cara untuk membandingkan strings teks di excel
Fungsi Exact 3

Hasil Penggunaan Fungsi EXACT


Dengan menggunakan fungsi exact apabila suatu strings teks tidak sama persis atau tidak identik maka akan mengembalikan nilai FALSE dengan menggunakan fungsi exact.

Pada contoh ini penyebab item 1 pada sel A2 dengan item 1 pada sel A7 tidak identik adalah adanya spasi di belakang angka 1 strings teks pada sel A7.

Kesimpulan


Dengan menggunakan fungsi exact dapat diketahui bahwa suatu strings teks belum tentu sama persis atau identik walaupun terlihat atau tampak sama oleh pandangan mata.

Hal ini akan berpengaruh apabila menggunakan fungsi lookup data seperti fungsi vlookup yang bisa mengakibatkan data terlewatkan pada saat dilakukan lookup.

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Para Ahli

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang atau Anti Sosial