Pemilihan Model Data Panel Menggunakan EViews

Penentuan model terbaik antara Ordinary Least Square, Fixed Effect, dan Random Effect menggunakan dua teknik estimasi model. Dua teknik ini digunakan dalam regresi data panel untuk memperoleh model yang tepat dalam mengestimasi regresi data panel. Dua uji yang digunakan, pertama Chow test digunakan untuk memilih antara model Ordinary Least Square atau Fixed Effect. Kedua, Hausman test digunakan untuk memilih antara model Fixed Effect atau random effect yang terbaik dalam mengestimasi regresi data panel. Penggunaan kedua pengujian tersebut dalam pemilihan model terbaik regresi data panel ditunjukkan oleh gambar berikut : 
Chow Test

Uji chow ini bertujuan untuk menentukan bagaimana model digunakan apakah menggunakan Ordinary Least Square atau Fixed  Effects, dengan hipotesis sebagai berikut:
H0 : Model OLS
H1 : Model FE
Dalam menolak maupun menerima hipotesis di atas maka dilakukan perbandingan antara perhitungan F-tabel dan F-statistik, apabila  F-statistik lebih besar dari F-tabel maka H0 ditolak yang berati model yang paling cocok untuk digunakan merupakan model fixed effects, dan jika Fstatistik lebih kecil maka model yang paling cocok untuk digunakan ialah model OLS.
F-statistik > F-tabel = H0 ditolak
F-statistik < F-tabel = H0 diterima

Hausman Test

Uji Hausman merupakan uji lanjutan dalam memilih model regresi data panel. Uji ini dilakukan ketika hasil yang ditunjukan oleh Uji Chow  Model Fixed Effects lebih bagus, dalam Uji Hausman akan di pilih lagi  manakah yang lebih cocok digunakan antara Fixed Effects dan Random Effects, uji hausman menggunakan hipotesis sebagai berikut:
H0 : Model Random Effects
H1 : Model Fixed Effects
Dalam menolak maupun menerima hipotesis di atas uji Hausman ini mengikuti distribusi statistik Chi Square dengan degree of freedom  sebanyak k, dimana k adalah jumlah variabel independen. Jika nilai statistik  Hausman lebih besar dari nilai kritisnya maka H0 ditolak dan model yang tepat adalah model Fixed Effects sedangkan sebaliknya bila nilai statistik Hausman lebih kecil dari nilai kritisnya maka model yang tepat adalah model Random Effects.

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Para Ahli

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang atau Anti Sosial