Download Tabel F dan Cara Membacanya

Uji F atau yang lebih sering disebut dengan uji anova adalah bentuk dari uji statistik yang bertujuan untuk mengetahuai perbedaan varians dari dua kelompok sampel atau lebih. kaidah pengambilan keputusan uji F dapat dilakukan dengan membandingkan nilai signifikansi ∝ maupun dengan membandingkan nilai kritis dengan nilai F hitung.

Sebagai ilustrasi peneliti ingin mengetahuai apakah terdapat perbedaan signifikan media pembelajaran terhadap prestasi belajar kelas A = 11 siswa, Kelas B=12 siswa dan Kelas C= siswa. dengan taraf signifikansi ∝ = 0.05 (5%). Untuk membaca tabel F peneliti terlebih dahulu harus mentukan nilai dk pembilang dan dk penyebut.


capture-20170213-071849.png 
dk pembilang = kelompok sampel - 1
dk penyembut = jumlah sampel - kelompok sampel


Bedasarkan ketentuan di atas, maka diperoleh dk pembilang = 3 -1 = 2  dan dk penyebut = 33 - 3 = 30. setelah diperoleh nilai dk pembilang  dan nilai dk penyembut. kemudian konsulttasikan dengan tabel f yang dapat diperoleh di tauitan berikut.

Download Tabel F dan Cara Membacanya

Berdasrkan langkah yang telah disampaikan di atas, diperoleh koefisien dk teoritik = 19.46 yang kemudian di konsultasikan dengan nilai dk empirik. dengan dikaidah pengambilan keputusan jika dk empirik > dk teoritik  maka kelompok sampel berasal dari varianse yang berbeda secara signifikan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Para Ahli

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang atau Anti Sosial