Download t Tabel dan Cara Membacanya

Berbeda dengan perhitungan menggunakan software  yang memang ditujukan untuk perhitungan statistik semacam SPSS dan minitab, yang cukup membandingkan nilai sig dengan taraf signifikansi yang telah dipilih, untuk perhitungan secara manual peneliti harus membandingkan nilai koefisien hitung dengan nilai kritis.

sebagai contoh kita akan mencari nilai t tabel untuk kelompok sampel yang berjumlah 40 responden dengan menggunakan taraf signifikansi ∝ = 0.05 (5%) , dengan pembagian kelompok a berjumlah 21 responden dan kelompok b 21 responden. untuk tabel t dapat diperoleh pada tautan berikut . tabel t kritis (t-tabel)

sebagai catatan, penentuan taraf signifikansi sangat dipengaruhi oleh tujuan penelitian serta fakultas yang ditempuh. untuk ilmu-ilmu eksas cenderung menggunakan signifikansi ∝ sebesar 0.01 (1%)
untuk mencari nilai t-hitung untuk uji independent sampel t-test adalah dengan mencari nilai derajat bebas / df (degree of freedom), nilai df  diperoleh dengan menjumlahkan semua kelompok sampel -2 (dikurangi dua). pada kasus ini terdapat dua kelompok sampel yang berjumlah 42 responden - 2 diperoleh df = 40. 


pada kolom tow tails  untuk signifikansi ∝ 0.05 (5%) tarik kebawah hingga ditemukan baris ke 40, seperti yang dituunjukkan pada gambar dibawah :

Download t Tabel dan Cara Membacanya


berdasrkanlahkan yang telah dilaksanakan di atas, dengan jumlah responden sebesar 42  responden, diperoleh df = 40, serta nilai signifikansi ∝ = 0.05 (5%) maka diperoleh nilai t-tabel = 2.021. nilai tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai t-hitung dengan kaidah pengambilan keputusan sesuai yang telah ditentukan sebelumnya.

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Para Ahli

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang atau Anti Sosial