Cara Uji Homogenitas Menggunakan SPSS

Uji homogenitas digunakan untuk mengetahui varian populasi data apakah antara dua kelompok atau lebih data memiliki varian yang sama atau berbeda. Uji ini sebagai prasyarat dalam uji hipotesis yaitu Independent Samples T Test dan One Way ANOVA. Kriteria pengambilan keputusan adalah jika nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa varian dari dua atau lebih kelompok data adalah sama.

Contoh Kasus: Seorang mahasiswa ingin meneliti apakah ada perbedaan nilai tes psikologi antara siswa SMP, SMU, dan perguruan tinggi. Sampel yang digunakan sebanyak 20 mahasiswa (dalam analisis ini jumlah data tidak harus sama antara SMP, SMU, dan perguruan tinggi). Dalam hal ini akan dilakukan analisis One Way ANOV

Langkah-langkah analisis pada SPSS sebagai berikut:

Buka program SPSS dengan klik Start => All Programs => IBM SPSS Statistics => IBM SPSS Statistics

Pada halaman SPSS  yang terbuka, klik Variable View, maka akan terbuka halaman Variable View.


Selanjutnya membuat variabel. Pada kolom Name ketik Nilaipada Decimals ganti menjadi 0, pada Label ketik Nilai tes psikologi, untuk kolom Measure pastikan terpilih Scale, sedang kolom lainnya bisa dihiraukan (isian default). Pada kolom Name baris kedua ketik Sekolah, pada Decimals ganti menjadi 0, pada kolom Values, buat value 1=SMP, 2=SMA, 3=Perguruan tinggi, untuk kolom Measure pilih Nominal, sedang kolom lainnya bisa dihiraukan (isian default). Hasil pengisian sebagai berikut:
Jika sudah, masuk ke halaman Data View dengan klik Data Viewmaka akan terbuka halaman Data View. Selanjutnya isikan data seperti berikut:
Selanjutnya klik Analyze => Compare Means => One Way ANOVA
 Setelah itu akan terbuka kotak dialog sebagai berikut:
Masukkan variabel Nilai tes psikologi ke kotak Dependent List dan variabel Sekolah ke kotak Factor. Setelah itu klik tombol Options. Selanjutnya akan terbuka kotak dialog sebagai berikut:
Untuk melakukan uji homogenitas, maka beri tanda centang pada Homogeneity of variance test. Kemudian klik ContinueSelanjutnya akan kembali ke kotak dialog sebelumnya.

Klik tombol OK. Hasil output sebagai berikut:  
Hasil uji homogenitas dapat dilihat dari output Test of Homogeneity of Variance. Asumsi dalam pengujian ANOVA adalah bahwa varian kelompok data adalah sama atau homogen. Kriteria pengujian sebagai berikut:
Jika Signifikansi < 0,05 maka varian kelompok data tidak sama
Jika Signifikansi > 0,05 maka varian kelompok data adalah sama
Dari output dapat dilihat bahwa nilai Signifikansi > 0,05 (0,761 > 0,05), jadi dapat disimpulkan bahwa varian ketiga kelompok data yaitu SMP, SMU, dan Perguruan tinggi adalah sama, maka hal ini telah memenuhi asumsi dasar homogenitas ..

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Para Ahli

Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang atau Anti Sosial