17 Januari 2019

Download Karya Juara Lomba Inovasi Pembelajaran 2018

Pada tahun 2018, saya mengikuti lomba yang disebut lomba inovasi pembelajaran yang sering disebut dengan inobel. Dalam lomba ini calon peserta terlebih dahulu mengajukan proposal penelitian melalui website yang telah ditentukan, yaitu http://kesharlindungdikmen.id. Dari ribuan proposal yang masuk, diseleksi sebanyak 400 peserta. 400 peserta yang proposalnya lolos dipanggil untuk diberikan bimtek (bimbingan teknis) tentang penelitian. Selain itu peserta dibimbing untuk memperbaiki proposalnya.

Setelah itu peserta kembali ke sekolah melakukan penelitian sesuai dengan proposal yang telah diajukan sebelumnya. Adapun judul penelitian saya adalah "PENGEMBANGAN EMODUL FORMAT EPUB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KAIDAH PENCACAHAN". Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang sering dikenal dengan R&D (Research and Development). Dalam penelitian ini saya mengembangkan produk berupa media pembelajaran, yaitu emodul atau modul elektronik, yaitu modul yang dapat diakses melalui laptop dan gawai (ponsel pintar).

Setelah selesai melakukan penelitian, laporan penelitian diunggah melalui web yang sudah ditentukan. Dari peserta yang sudah unggah laporan, diambil 100 finalis, 50 dari SMA/SLB dan 50 dari SMK. Dari 50 SMK/SLB diambil 3 juara dan dari 50 SMK juga diambil 3 juara. Beruntung dalam lomba ini, saya meraih juara II. Adapun abstraknya adalah sebagai berikut.

ABSTRAK

"PENGEMBANGAN EMODUL FORMAT EPUB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KAIDAH PENCACAHAN"

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan emodul format epub untuk pembelajaran matematika dan untuk menguji efektivitasnya dalam pembelajaran. Adapun jenis penilitian ini adalah Research and Development (R & D) atau penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Emodul adalah modul yang bisa dibuka menggunakan perangkat digital, yaitu laptop, smart phone dan gawai lainnya. Topik yang diambil adalah kaidah pencacahan, hingga media ini disebut emodul kaidah pencacahan. Simpulan yang dihasilkan dari penlitian ini adalah (1) Emodul Kaidah Pencacahan dinyatakan valid oleh ahli, dengan nilai 97,1 kategori sangat baik, (2) Emodul Kaidah Pencacahan mendapatkan respons sangat posotif dalam uji coba terbatas, dengan nilai 87,5, (3) Emodul Kaidah Pencacahan dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan perbedaan selisih rata-rata nilai tes kelas eksperimen dan kelas kontrol 7,0, (4) Emodul Kaidah Pencachan mendapatkan respons sangat positif dalam uji efektivitas, dengan nilai 87,3.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, 4D, emodul, epub.

Laporan lengkapnya dapat anda unduh (download) melalui tauran di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar