02 November 2013

Video Tutorial Schoology

Schoology adalah website yang memadu elearning dan jejaring sosial. Konsepnya sama seperti edmodo, namun dalam hal elearnig schoology mempunyai banyak kelebihan. Membangun elearning dengan schoology lebih menguntungakan bila dibanding menggunakan moodle, karena tidak memerlukan hosting dan pengelolaan schoology lebih user friendly. Tentu fiturnya tidak selengkap moodle, namun untuk pembelajaran online di sekolah sudah sangat memadai.


Schoology sangat cocok untuk guru matematika, karena didukung penuh oleh LaTeX, berbeda dengan edmodo yang harus menambahkan kode tertentu untuk menggunakan LaTeX. Dalam pembuatan soal pun didukung dengan editor, sehingga bisa diatur ukuran font, perataan teks dan lain sebagainya. Untuk menyipkan gambar pada soal juga sangat mudah, berbeda dengan edmodo yang harus dimasukkan ke library dulu gambar yang akan disisipkan ke soal.

Untuk membantu guru menggunakan schoology, saya telah membuat video tutorial. Pada saat ini baru 3 buah video, yang lain segera menyusul. Beriktu ini tautan-tautan video tutorial schoology:
  1. Mendaftar sebagai guru di schoology
  2. Membuat kelas online di schoology
  3. Membuat soal/kusi di schoology
  4. Mengcopy soal ke course (rombel) yang lain
Berikut salah satu tampilan video tutorial, mendaftar sebagai guru di schoology

2 komentar:

  1. Mantap sharenya. Kunjungi juga situs kami, ada banyak bahan yg bisa dijadikan referensi, thanks.

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat. Tutorial lengkap yang berupa e-book atau buku referensi lain tentang schoology ada tidak ya? Kebanyakan yang saya temukan adalah tutorial lengkap untuk Edmodo. Mohon infonya....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...