14 Agustus 2013

Layanan PADAMU NEGERI (Verifikasi dan Validasi NUPTK dan EDS) Berbayar (Tidak Gratis)?

Akhir-akhir ini PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) disibukkan dengan PADAMU NEGERI yaitu layanan verifikasi dan validasi NUPTK dan EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang dikembagkan oleh BPSDMPK-PMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan) Kemdikbud yang bekerja sama dengan Telkom. Isu yang berkembang saat ini adalah layanan PADAMU NEGERI itu berbayar. Program pemerintah kok berbayar?

Berikut ini penjelasan resmi yang saya ambil dari Fan Page Facebook PADAMU NEGERI


INFORMASI 

PERIHAL SIAP ONLINE EDISI BERBAYAR

Sesuai dengan kesepakatan kerjasama antara BPSDMPK-PMP dan PT. Telkom Indonesia bahwa pengembangan bersama Layanan PADAMU NEGERI dibangun menggunakan platform SIAP Online khususnya pada Edisi Gratis (bebas biaya) dalam rangka mendukung program pemetaan mutu pendidikan nasional. 

Dengan demikian bagi sekolah yang telah melakukan aktivasi akunnya pada Layanan PADAMU NEGERI (http://padamu.siap.web.id/ ) otomatis akan mendapatkan hak akses bawaan (default) Layanan SIAP Online Edisi Gratis.

Jika ada opsi upgrade Layanan SIAP Online ke Edisi Berbayar, sepenuhnya menjadi kebijakan sekolah masing-masing dengan pembiayaan secara mandiri. BPSDMPK-PMP Kemdikbud tidak membiayai atau mewajibkan sekolah untuk melakukan upgrade Layanan SIAP Online Edisi Berbayar tersebut.

Demikian informasinya semoga dapat dipahami dan dimaklumi bersama.

Salam PADAMU NEGERI

Admin Pusat
BPSDMPK-PMP Kemdikbud

Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut ada baiknya kita mengenal dulu apa sih SIAP Online itu? SIAP Online adalah layanan yang dikembagkan oleh Telkom, baik yang gratis maupun berbayar. SIAP Online itu terdiri dari (diantaranya)
  1. Komunitas, yaitu jejaring sosial semacam facebook (gratis)
  2. SIM SIAP ONLINE, yaitu Sistem Informasi Managemen. Untuk layanan ini ada yang gratis ada yang berbayar. SIM SIAP ONLINE ini fungsinya sama dengan DAPODIK untuk dikdas, juga sama fungsinya dengan PAS (DAPODIKMEN) untuk dikmen
  3. Layanan pembuatan website sekolah (gratis)
  4. Layanan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Layanan ini berbayar
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkn bahwa ketika sekolah sudah aktivasi akun PADAMU NEGERI maka secara otomatis dapat 2 buah layanan, yaitu layanan PADAMU NEGERI dan layanan SIAP ONLINE edisi gratis.

Untuk mengetahui fitur-fitur apa yang diberikan SIAP Online edisi gratis dan edisi berbayar, Anda bisa klik tautan ini: http://produk.siap-online.com/biaya-layanan/

Bila  SIAP ONLINE itu diupgrade ke edisi berbayar (tentu ini tidak harus) maka otomatis tidak gratis lagi. Bila itu dilakukan tentu sekolah yang menanggung biaya upgradenya.

Jadi tidak benar bahwa layanan PADAMU NEGERI itu berbayar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...