10 Mei 2013

Menulis Rumus Matematika Di Blog Menggunakan Tex Equation Editor

Banyak cara untuk menulis rumus matematika di blog. Di antaranya bisa menggunakan Daum Equation Editor, Codecogs, dan MathType. Selain itu juga bisa menggunakan Tex Equation Editor. Penggunaan Tex Equation Editor hampir sama dengan Codecogs, sehingga yang sudah terbiasa menggunakan Codecogs tidak akan mengalami kendala bila menggunakan Tex Equation Editor. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Tex Equation Editor
  2. Ketiklah kode Latex di area yang disediakan. Misal kita ingin menulis pecahan $\frac{a}{b}$ , maka ketikalah \frac{a}{b} di area tersebut. Secara otomatis muncul tampilan pecahan tersebut di bawahnya dan kode HTMLnya. 
  3. Kita bisa menggunakan kode latexnya, tampilannya maupun kode HTMLnya
  4. Selamat mencoba

Tambahan Informasi

  1. Seperti halnya Codecogs, di Tex Equation Editor, kita juga bisa memilih warna font, ukuran font, background. Di contoh tersebut mengguanakan warna biru, ukuran 40, background putih.
  2. Kita juga bisa mendapatkan Tex Equation Editor di Chrome Web Store sebagai ekstensi, dengan mengetik kata kunci Tex Equation Editor.




4 komentar:

  1. Hasil lateks nya bisa ga secara vertikal rata tengah, yang terlihat biasanya rata bawah jadi kurang indah terlihat...

    BalasHapus
  2. Bisa pak. Caranya.
    1) Gunakan codecogs dan jangan lupa klik "inline" , pakai yang html, jangan copy paste langsung imagenya, atau
    2) gunakan kode latex ditambah tag awal dan akhir

    BalasHapus
  3. Mantap gan infonya! tak cobain dulu!

    BalasHapus
  4. pak bagaimana caranya agar rumus matematikanya sejajar dengan huruf atau kalimat yg d post

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...