09 Mei 2013

Menentukan Nilai Limit Menggunakan Wolframalpha

Wolframalpha adalah layanan online penyelesaian soal matematika. Yang perlu diperhatikan bagi siswa bahwa untuk menyelesaikan soal matematika jangan tergantung dari wolframalpha. Gunakan wolframalpha hanya untuk mengecek jawaban yang telah dikerjakan. Kalaupun menggunakan wolframalpha maka perhatikan pembahasan penyelesaiaannya, karena wolframalpha juga menyertakan pembahasannya.

Untuk menyelesaikan soal matematika tertentu kadang membutuhkan trik khusus, misalnya menyelesaikan soal tentang limit. Oleh karena itu saya akan menjelaskan langkah-langkah menentukan nilai limit menggunakan wolframalpha.
  1. Buka http://wolframalpha.com
  2. Ketiklah kata kunci limit di kotak yang tersedia lalu tekan enter. Tampilan defaultnya adalah menentukan 
  3. Misal kita akan menentukan nilai dari 
  4. Pada kotak function to find limit of ketiklah fungsi yang akan dicari nilai limitnya yaitu .  Ketiklah (2x^3+2x)/(4x^3-2x) pada area tersebut.
  5. Pada kotak value to approach ketiklah nilai pendekatan. Seperti kita ketahui nilai pendekatan ada 2 macam, yaitu x mendekati bilangan terntentu (misal 0, 1, 2 dll) dan x mendekati tak hingga $\infty$. Untuk x mendekati bilangan tertentu, kita tinggal mengetik bilangannya, sedangkan untuk x mendekati $\infty$ maka ketiklah infty di kotak tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini!
  6. Tekan tombol enter. Hasilnya otomatis muncul di bawahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...