01 Mei 2013

Cara Mendapatkan dan Memasang Kode Latex Di Website Menggunakan Mathtype

Bila kita sebagai guru matematiaka yang sering menulis menggunakan Microsoft Word maka pastilah mengenal yang namanya Equation Editor yang merupakan aplikasi bawaan Microsoft Office. Sebenarnya ada aplikasi sejenis Equation Editor yang mempunyai fitur lebih, yaitu Mathtype. Berikut ini tampilan aplikasi Mathtype.

Untuk mengunduh Mathtype anda bisa klik tautan ini http://www.dessci.com/en/products/mathtype/trial.asp. Setelah kita berhasil memasang (install) Mathtype di komputer (laptop) maka otonatis Mathtype teritegrasi dengan Microsoft Office, sehingga menu pada Microsoft Word bertambah. Perhatikan tampilan di bawah ini!
Salah satu kelebihan dari Mathtype adalah bisa mengkonversi bentuk equation menjadi kode Latex. Berikut ini saya uraikan langkah-langkah mendapatkan dan memasang kode Latex di website menggunakan Mathtype.
  1. Buka Microsoft Word
  2. Klik menu MathType
  3. Klik Inline Perhatikan tampilan di bawah ini!
  4. Tulislah ekpresi matematika, misal $\dfrac{3}{4}$. Perhatikan tampilan berikut ini
  5. Tutuplah MathType. Otomatis ekspresi matematika itu menempel di Microsoft Word, seperti di bawah ini
  6. Klik Menu Toggle Tex, maka ekspresi matematika $\dfrac{3}{4}$ berubah menjadi kode Latex, seperti pada gambar di bawah ini
  7. Kode Latex masih mengandung $ dan itu perlu dihilangkan. Selanjutnya pasang kode Latex itu sesuai platform website yang kita punya.
Bisa juga Anda belajar menulis latex melalui video tutorial di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...