29 April 2013

Cara Mendapatkan dan Memasang Kode Latex Di Website Menggunakan Daum Equation Editor

Di tulisan yang pertama tentang Latex (pengenalan) dijelaskan bahwa untuk menulis rumus-rumus (atau ekspresi) matematika kita membutuhkan kode-kode tertentu yang disebut kode Latex. Sebenarnya kode Latex tidak hanya digunakan dalam penulisan ekspresi matematika saja, ekspresi Fisika dan mata pelajaran lain membutuhkan simbol-simbol juga memerlukan kode Latex. Kode Latex itu banyak macamnya. Berikut ini contoh-contoh kode Latex dan tampilannya:

Tentu kode-kode Latex yang sangat banyak jenisnya tidak bisa kita hafalkan. Di atas itu baru sebagian kecil kode Latex. Untuk itu kita memerlukan aplikasi atau situs yang dapat digunakan untuk mendapatkan kode Latex. Adapun aplikasi untuk mendapatkan kode Latex adalah sebagai berikut:
  1. Daum Equation Editor dan dipadu dengan Formulas Image Link. Kedua aplikasi ini bisa diperoleh dari Chrome Web Store. Aplikasi ini sangat mudah digunakan
  2. http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php. Situs ini yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan kode Latex, karena fiturnya sangat lengkap
  3. http://atomurl.net/math/
  4. Mathtype. 

Cara Mendapatkan dan Memasang Kode Latex Di Website Menggunakan Daum Equation Editor

Berikutnya akan kita bahas satu persatu aplikasi-aplikasi di atas. Untuk kali ini kita akan membahas tentang Daum Equation Editor dan Formulas Image Link. Kedua aplikasi ini diperoleh dari Chrome Web Store. Jadi kedua aplikasi ini hanya dapat digunakan di perambah (browser) Google Chrome. Saya menganggap Anda sudah bisa cara mendapatkan kedua aplikasi tersebut melalui Chrome Web Store.
Perhatikan gambar di bawah ini!


Perhatikan aplikasi Daum Equation Editor dan Formulas Image Link yang terletak di pojok kanan atas yang simbolnya . Daum Equation Editor sangat gampang digunakan oleh pemula karena cara penulisannya sama seperti menulis equation editor di Microsoft Word. Kelebihan lainnya Daum Equation Editor dapat digunakan secara offline. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!
Klik Daum Equation Editor. Perhatikan tampilan di bawah ini!

Daerah warna putih (tengah) adalah daerah untuk menuliskan rumus matematika, sedangkan daerah warna abu (bawah) adalah daerah kode Latex. Kita tinggal menuliskan rumus matematika seperti kita menulis rumus matematika di Microsoft Word. Secara otomatis kode Latex muncul di bagian bawah. Kode Latex inilah nantinya akan digunakan dalam penulisan di website. Pada contoh di atas kode latexnya adalah \lim _{ x\longrightarrow 3 }{ \frac { { x }^{ 2 }-9 }{ x-3 } =6 }. Kode ini kita copy dan kita paste di Microsoft Word atau Notepad dan siap untuk digunakan:

  1. Bila digunakan di wordpress maka tinggal kita tambah kode [latex] di awal dan [/latex] di akhir, sehingga menjadi [latex]\lim _{ x\longrightarrow 3 }{ \frac { { x }^{ 2 }-9 }{ x-3 } =6 }[/latex]. Untuk wordpress.com spasi yang ada di kode latex harus kita hapus terelebih dahulu.
  2. Bila digunakan digunakan di Edmodo maka tinggal tambah kode [math] di awal dan [/math] di akhir sehingga menjadi  [math]\lim _{ x\longrightarrow 3 }{ \frac { { x }^{ 2 }-9 }{ x-3 } =6 }[/math]
  3. Bila digunakan di phpBB maka tinggal kita tambah kode [tex] di awal dan [/tex] di akhir, sehingga menjadi  [tex]\lim _{ x\longrightarrow 3 }{ \frac { { x }^{ 2 }-9 }{ x-3 } =6 }[/tex]
  4. Bila digunakan di Blogspot maka tinggal kita tambahkan kode <*img src="http://latex.codecogs.com/gif.latex? (tanpa *) di awal dan " /*> (tanpa *) di akhir sehingga menjadi <*img src="http://latex.codecogs.com/gif.latex?\lim _{ x\longrightarrow 3 }{ \frac { { x }^{ 2 }-9 }{ x-3 } =6 }" /*> (tanpa *).

Cara Praktis Memasang Kode Latex

Ada cara praktis untuk memasang kode Latex, sehingga kita tidak perlu menghafal kode-kode tambahan di awal maupun di akhir, yaitu dengan menggunakan aplikasi Formulas Image Link. Perhatikan langkah-langkah berikut!

Klik icon Formulas Image Link yang terletak di sebelah kanan atas. Perhatikan tampilannya berikut ini:

Copy kode Latex dan tempelkan di kotak Formula, maka otomatis muncul rumus matematikanya. Blok rumus tersbut dan copy dan selanjutnya tempel website platform apa saja. Artinya cara ini juga dapat digunakan untuk penulisan di Wordpress, Blogspot, phpBB, Moodle, Joomla, dan lain sebagainya. Mengapa cara ini bisa digunakan untuk semua website? Karena kode Latex tersebut sudah dikonversi menjadi format gambar. Kita tahu bahwa semua platform website bisa menampilak format gambar.


1 komentar:

  1. dari dulu saya tidak pernah hebat dala matematika, apakah ada cara khusus untuk belajar matematika?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...