19 Februari 2012

Pembelajaran Konsep Dasar Trigonometri

Trigonometri adalah salah satu materi yang dianggap sangat sulit oleh sebagian siswa. Oleh karena itu penanaman konsep trigonometri harus benar. Hal pertama yang perlu diajarkan dalam pemahaman konsep dasar trigonometri adalah pemahaman mengenai segitiga siku-siku, yaitu siswa harus benar-benar faham mengenai sisi miring, sisi samping, dan sisi depan. Setelah hal ini dapat difahami oleh semua siswa baru kita bahas mengenai definisi perbandingan-perbandingan trigonometri, yaitu sinus (sin), cosinus (cos), tangen (tan), cosecan (cosec), secan (sec), dan cotangen (cotan) suatu sudut,


Setelah siswa faham definisi perbandingan-perbandingan trigometri maka siswa perlu dilatih dengan berbagai model soal yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri. Model-model soal itu adalah sebagai berikut:

1. Diberikan beberapa segitiga siku-siku dengan ukuranya, siswa diminta menentukan nilai sin, cos, tan, cosec, sec, dan cotan suatu sudut. Untuk model soal ini dimulai dengan ukuran-ukuran segitiga triple pythagoras, misal 3, 4, 5 (salah satu sisi tidak diketahui), 5, 12, dan 13. Setelah itu soal dikembangkan dengan ukuran-ukuran segitiga berupa bilangan real, misal 2, 3, Ö13 (tentu yang diketahui hanya sisi siku-siku 2, dan 3, sedang Ö13 dicari sendiri oleh siswa).

2. Diketahui salah satu nilai trigonometri tertentu siswa diminta menentukan 5 nilai trigonometri yang belum diketahui. 

Contoh soal:
Diketahui tan A = 3, tentukan nilai sin A, cos A, cosec A, sec A, dan cotan A!

4 komentar:

  1. Keren blognya, lengkap!!!
    Salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Hmm.... Trigonometri memang slalu menyenangkan..
    :D

    BalasHapus
  3. trigonometri sebenarnya sangat penting lho dalam kehidupan sehari-hari terutama saat kita mau bikin layangan... mueheheh.. matematika terapan ya..

    BalasHapus
  4. ingat guru matematika waktu SMA dulu killer... hapalannya sin-demi, cos-sam, tan-desa...dlll

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...