07 Desember 2011

Menulis Simbol Matematika Di Facebook

Siapa yang tidak kenal dengan Facebook, yaitu situs jejaring sosial yang paling terkenal saat ini. Bahkan menurut peringkat Alexa, Facebook menduduki peringkat 2, setelah google. Saat ini sudah sangat banyak grup-grup tentang Matematika maupun Fan Page Matematika. Sering kali kita menulis ekspresi-ekspresi matematik dalam grup atau fan page matematika, misal pangkat, akar, dan lain-lain. Namun sayangnya kita sering mengalami kesulitan menuliskan ekspresi matematika itu dalam bentuk simbol.


Bila kita ingin menulis simbol matematika dalam web atau blog sangatlah gampang, yaitu dengan menggunakan Latex. Berbeda halnya dengan menulis simbol matematika di facebook. Sampai artikel ini saya tulis, saya belum menemukan aplikasi sejenis Latex yang dapat digunakan di Facebook. Equation Editor yang dipunyai oleh Word juga tidak dapat digunakan di Facebook. Karena latar belakang tersebutlah saya menulis artikel ini.

Untuk menulis simbol matematika di facebook bisa kita akali, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang disebut Derive 6. Sebenarnya aplikasi ini bukan untuk menulis simbol matematika di Facebook, namun fungsi Derive 6 adalah untuk menggambar grafik dan menyelesaikan soal-soal Matematika. Namun begitu kita bisa memanfaatkan simbol-simbol Matematika yang ada di Derive 6. 

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka Derive 6
  2. Ketik ekspresi matematika yang berisi simbol pada bilah pengetikan di bagian bawah. Klik simbol yang dibutuhkan
  3. Tekan Enter bila telah selesai menulis ekspresi Matematika, maka ekspresi matematika itu akan muncul di bagian atas
  4. Blok dan copy ekspresi matematika yang terletak di bagian atas tersebut
  5. Paste ke facebook
Namun tidak semua simbol dapat dipasang di Facebook, misal pangkat. Untuk pangkat, Anda tinggal copy paste dari daftar yang saya tulis di bawah ini. Begitu juga bagi Anda yang tidak mempunyai Derive 6, Anda tinggal copy paste dari daftar simbol-simbol matematika di bawah ini.

Kuadrat: x² 

Akar: √

Super Set: ⊃

Sub Set: ⊂

Super Set/Sama: ⊇

Sub Set/Sama: ⊆

Irisan: ∩

Gabungan: ∪

Elemen: ∈

Bukan Elemen: ∉

Dan: ∧

Atau: ∨

Negasi: ¬

Implikasi:⇒

Biimplikasi: ⇔

Kuantor Universal: ∀

Kuantor Eksistensial: ∃

Harga Mutlak: | |

Tidak Sama Dengan: ≠

Kurang Dari Sama Dengan: ≤

Lebih Dari Sama Dengan: ≥

Phi: π

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...