26 September 2011

Merasionalkan Penyebut Bentuk Akar Pangkat Tiga

Merasionalkan penyebut bentuk akar pangkat dua sudah sering kita jumpai, namun merasionalkan bentuk akar pangkat tiga barangkali jarang kita jumpai, karena tidak semua buku matematika SMA membahas tentang ini. 

Pertama yang perlu kita perhatikan definisi dari sekawan. Selama ini di buku-buku dijelaskan bahwa sekawan dari (a - b) adalah (a + b), dan sebaliknya. Definisi ini perlu kita kembangkan sebagai berikut: Dua bentuk akar dikatakan sekawan bila kedua bentuk akar itu dikalikan menjadi bilangan rasional.

Misal:
  1.   dan  adalah sekawan, karena bila kedua bentuk akar ini dikalikan hasilnya(Rasional). 
  2.  dan  adalah sekawan, karena bila kedua bentuk akar ini bila dikalikan hasilnya 2 (ingat rumus (a - b)(a + b)). 
  3.  dan  adalah sekawan, karena hasil kalinya adalah 3. Gunakan rumus. Untuk contoh 3 perlu dijelaskan: 
()(
= ()(
= ()()
= 5 - 2
= 3
Konsep ini nanti kita gunakan untuk merasionalkan penyebut bentuk akar pangkat tiga
Contoh Soal:
Rasionalkan bentuk ! 
Penyelesaian:

8 komentar:

  1. gak jelas tau gak,gak mutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas kok, mungkin orang yang baca ndak tau maksudnya

      Hapus
    2. Ini jelas banget lho. Dan bisa di aplikasikan ke berbagai macam soal.
      Yang komen kayak hater di atas, brarti gk ada otaknya. Emang, untuk jenis soal kayak gini terbilang langka, jadi emang susah cari contoh. Tapi, sudah mau berbagi hal berguna begini, layak dpet double like, deh. Mohon dihargai ya

      Hapus
  2. Bagus kok ada ilmunya, baru tau ada macam2 sekawan, yang ku tau yang nomor dua aja selama ini

    BalasHapus
  3. Yang paling atas hater tuh, pak. Gak usah d tanggepin

    BalasHapus
  4. tapi jujur ini mantep lo
    jarang-jarang ada yang begini

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...