09 Juli 2009

Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya

Geometri, merupakan salah satu materi yang sering dikeluhkan oleh guru dalam cara pembelajaraannya. Materi ini memang lebih abstrak dari materi yang lain, walupun sebenarnya semua materi matematika bersifat abstrak. Guru kadang tidak menggunakan alat peraga untuk membelajarkan geometri, padahal dalam geometri sangatlah penting artinya menggunakan alat peraga.

Yang perlu diperhatikan oleh guru adalah dalam "menurunkan" (bukan menyampaikan) rumus, siswa hendaknya juga memahami proses penurunan rumus tersebut agar mereka tidak sekedar hafal rumus. Penurunan rumus itu dapat menggunakan pendekatan deduktif maupun induktif sesuai dengan perkembangan siswa.

Untuk memperluas wawasan dalam pembelajaran geometri di SMP ada baiknya Anda memiliki buku yang covernya terpampang di atas, yang berjudul Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya. Anda dapat memilikinya gratis.

Isi buku tersebut meliputi bangun ruang sisi datar (kubus, balok, limas, dan prisma) dan bangun ruang sisi lengkung (kerucut, tabung, dan bola).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...