07 Mei 2009

Permainan Matematika (Lagi)

Matematika, saat ini masih dianggap mata pelajaran yang paling sulit dan tidak menyenangkan oleh sebagian siswa. Untuk memecahkan masalah ini, salah satu caranya adalah menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, yaitu metode permainan matematika.
Permainan matematika adalah permainan yang bertujuan untuk memperdalam penguasaan kompetensi matematika. Dari pengertian ini, ada dua syarat yang harus dipenuhi untuk mengembangkan permainan matematika. Yang pertama permainan itu harus menyenangkan dan yang kedua permainan itu harus dapat meningkatkan penguasaan kompetensi matematika.

DOMIKA

Bilangan merupakan dasar dari matematika. Ahli matematika Carl Friedrich Gauss berkata bahwa Mathematics is queen of sciences and arithmetic the queen of mathematics. Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan aritmetika (bilangan) adalah ratunya matematika. Bila siswa tidak menguasai bilangan dapat dipastikan dia tidak akan dapat menguasai matematika, sehingga materi ini harus betul-betul dikuasai dan guru mempunyai peranan penting dalam hal ini.

Salah satu materi bilangan adalah operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat. Agar pembelajaran tentang bilangan ini lebih menarik, ada baiknya Anda mencoba metode permainan yang saya buat. Permainan ini saya sebut domika. Mengapa saya sebut domika? Karena permainan ini saya adopsi dari permainan domino yang sudah dikenal banyak orang. Domika merupakan singkatan dari domino matematika. Domika yang saya buat ada 2 macam, yaitu domika 1 dan domika 2. Domika 1 bertujuan untuk meningkatkan penguasaan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, sedangkan domika 2 untuk meningkatkan penguasaan perkalian bilangan bulat. Kedua permainan ini sudah saya tulis petunjuk pembuatan dan cara bermainnya. Bila Anda tertarik silakan unduh

domika 1

domika 2

1 komentar:

  1. domika 1 nya sudah dihapus ya pak?
    Tidak bisa di download pak.
    Terima kasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...